Program Studi Teknik Grafika

Profil D3 TEKNIK GRAFIKA 2022- AKREDITASI B


Program studi Teknik grafika dirancang sebagain Pendidikan vokasi D-3 , mempunyai Kurikulum dirancang terintegrasi dengan perkembangan teknologi modern di industri grafika berbasis kompetensi produksi dan kewiarusahaan dibidang industri kreatif.


Mahasiswa teknik grafika akan belajar tentang dasar-dasar proses cetak dengan menggunakaan mesin cetak secara langsung, seperti mesin cetak offset dan digital. Selain itu mahasiswa juga diajarkan proses cetak lainnya seperti cetak tinggi (leltter press atau flexografy) dan cetak dalam (rotogravure).


Mahasiswa diajarkan dasar-dasar ilmu pendukung untuk menjalakan proses cetak dan menghasilkan produk cetak yang berkualitas. Ilmu-ilmu dasar yang diajarkan antara lain adalah : fisika, kimia, dan matematika terapan, statistika, cetak ofset, cetak rotogravur, cetak digital, cetak flexografy, computer grafis, teknik kemasan, pengendalian mutu cetak, management produksi, material cetak, pengujian material cetak, wirausaha dan lainnya. Kegiatan selama perkuliahan dilaksanakan dikelas maupun diluar kelas seperti dibengkel cetak atau di laboratorium pengujian bahan.


PS TEKNIK GRAFIKA ditunjang fasilitas praktek produksi yang lengkap mulia dari mesin konvensional sampai dengan mesin cetak digital , laboratiorium ilmu bahan bahan grafika, mesin cetak offset satu warna , dua warna dan empat warna serta serangkaian mesin finishing cetak


Selain itu juga kunjungan ke industri cetak yang dilakukan setiap 1 semester. Kuliah umum dan kunjungan ke Pameran produk cetak juga rutin dilakukan untuk memperluas pengetahuan dan wawasan serta informasi tentang industry cetak yang ada di dalam negeri dan luar negeri

Mahasiswa akan melaksanakan perkuliahan selama enam semester atau tiga tahun. Di tingkat tiga atau semester 5 mahasiswa akan menjalankan praktek kerja lapangan diperusahaan cetak missalnya percetakan kemasan yaitu PT. Samudra Montaz, PT. Temprina, PT. AR PACKAGING, PT. BIGRAFIS , percetakan buku yaitu Gema Insani Press, Erlangga, Gramedia, percetakan security (security printing) yaitu Percetakan Negara Republik Indonesia atau PNRI atau Peruri, dan percetakan dan perusahaan cetak pendukung lainnya seperti PT. Indah Kiat Pulp and Paper, perusahaan tinta seperti ,PT. Cemani Toka , PT. DIC Graphic dan Huber ink dan semester 6 akan menulis karya ilmiah atau tugas akhir.


Lulusan teknik grafika akan mempunyai kompetensi dibidang cetak (teknologi cetak) serta mampu bekerja mandiri (wirausaha) maupun diperusahaan cetak dan pendukungnya. Lulusan Teknik Grafika bekerja di Perusahaan cetak dan kemasan seperti Mayora, Indofood , PT. Dankos Farma, PT. Kalbe Farma, Percetakan Negara Republik Indonesia atau PNRI atau Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri), PT GRAFA Chemical.
GRAFA Chemical.


Profil lulusan program studi antara lain adalah :
1. Printing sales executive
2. Asisten printing supervisor/printing leader/kepala shift
3. Asisten digital/prepress supervisor
4. Asisten post-press supervisor/asisten supervisor post-press
5. Asisten PPIC supervisor
6. R & D staf
7. Asisten QC/QA supervisor
8. Asisten Procurement/purchasing supervisor


Profil Dosen Teknik Grafika
1. HB Rudi Kusumantoro, S.T, M.Sc. Eng – Teknik Mesin dan Industri
2. Emmidia Djonaedi, S.T.,M.T.MBA – Teknik Industri dan Material Cetak
3. Endang Yuniarti, S.T, M.T – Teknik Industri
4. Rachma Nanda Kartika , S.T.,M.T. – Teknik Industri
5. Mochamad Yana Hardiman, S.T., M.T – Teknik Elektro
6. Yoga Pratama Putra, S.T , M.T – Teknik Elektro


Share :


File Nama File Format Type