Program Studi Desain Grafis

Rumusan Visi dan Misi Program Studi

 Visi Program Studi Sarjana Terapan Desain Grafis adalah sebagai berikut:

“ Menjadi Program Studi  Sarjana Terapan Desain Grafis berbasis vokasi yang terkemuka dan berdaya saing bangsa”

Misi Program Studi Sarjana Terapan Desain Grafis adalah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan Pendidikan vokasi bidang Desain Grafis kemasan yang berkualitas, berkarakter, kreatif  dan bertaqwa kepada Tuhan YME untuk menghasilkan lulusan yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan industri. 
  2. Mengembangkan penelitian dan peningkatan penerapan IPTEKS yang mendukung industri kreatif dan meningkatkan ekonomi nasional.
  3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta produk kreasi dan inovasi berkualitas guna meningkatkan daya saing bangsa.
  4. Membangun simpul jaringan kerjasama program studi dengan institusi pendidikan, industri dan  asosiasi untuk mendukung ekonomi kreatif guna meningkatkan daya saing bangsa.

 

Deskripsi Singkat Program Studi

Program Studi Sarjana Terapan Desain Grafis dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi untuk menghasilkan produk-produk desain grafis solutif. Berbasis vokasi, kurikulum Program Studi Sarjana Terapan Desain Grafis memiliki bobot praktek yang lebih besar daripada teori, sehingga mahasiswa terbiasa untuk melakukan proses kerja dan memiliki keahlian praktis di bidangnya, terutama di bidang desain grafis untuk kemasan. Keahlian dalam bidang desain grafis untuk kemasan ini adalah keunggulan yang membedakan

lulusan Program Studi Sarjana Terapan Desain Grafis dengan pendidikan sejenis lainnya. Meskipun demikian, bidang yang dapat ditempati lulusan tidak terbatas di situ saja, karena lulusan dapat mendesain produk-produk desain grafis lainnya seperti logo, produk promosi dan branding, produk penerbitan dan media, baik cetak maupun digital. Lulusan juga dibekali kemampuan manajemen desain, pengelolaan proyek dan kewirausahaan sehingga mampu mengelola usahanya sendiri.

Program Studi Sarjana Terapan Desain Grafis dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti laboratorium komputer lengkap dengan alat gambar digital, laboratorium fotografi, studio desain grafis dengan jaringan internet, bengkel desain, dan bahan habis pakai yang disediakan. Berada satu jurusan dengan Program Studi Teknologi Industri Cetak Kemasan dan Teknik Grafika, mahasiswa Program Studi Desain Grafis memiliki akses untuk melihat langsung proses produksi cetak sehingga dapat memahami proses produksi dengan lebih baik.

Lulusan Program Studi Sarjana Terapan Desain Grafis dapat menempati jabatan sebagai desainer grafis media, desainer grafis kemasan, desainer grafis media promosi, art director dan ilustrator di agency periklanan, butik kreatif, media massa, penerbitan, dan industri-industri lain yang membutuhkan jasa desain grafis. 

 

Kompetensi Program Studi

  1. Mampu mengaplikasikan prinsip dasar desain dan komunikasi untuk menghasilkan karya desain grafis yang kreatif dan komunikatif .
  2. Mampu menerjemahkan client brief melalui proses riset dan pengolahan data menjadi sebuah creative brief yang sesuai dengan tujuan akhir karya desain
  3. Mampu mengolah dan mengembangkan konsep desain dengan mengevaluasi informasi dan gagasan serta memilih kemungkinan pendekatan untuk menghasilkan penyempurnaan konsep.
  4. Mampu mengatur tim kerja dengan menentukan jenis dan durasi waktu pekerjaan.
  5. Mampu memilih material berdasarkan media dan efisiensi dengan mempertimbangkan proses produksi desain untuk menghasilkan rekomendasi material dan produksi yang tepat.
  6. Mampu mengoperasikan perangkat lunak  desain.
  7. Mampu membuat final artwork dengan mengidentifikasi kebutuhan masing-masing teknik cetak untuk menghasilkan desain yang siap diproduksi.
  8. Mampu menjaga Hak Atas Kekayaan Intelektual dengan menyusun dokumentasi HAKI lengkap utuk melindungi proses dan hasil kerja dari penggunaan yang tidak berhak.
  9. Mampu mempresentasikan konsep karya desain yang dapat meyakinkan klien.

 

Capaian Pembelajaran

No.

Capaian Pembelajaran

1

SIKAP

 

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

 

  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaandalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral,dan etika.

 

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

 

  1. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

 

  1. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

 

  1. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

 

  1. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

 

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

 

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

 

  1. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

2

KETRAMPILAN UMUM

 

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang desain grafis serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan.

 

  1. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sesuai dengan bidang Desain Grafis untuk menghasilkan desain serta menyusun hasil kajiannya dalam bentuk sepesifikasi desain yang diunggah dalam laman perguruan tinggi;

 

  1. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan spesifikasi desain serta persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya;

 

  1. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama didalam maupun di luar lembaganya.

 

  1. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

 

  1. Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

 

  1. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untukmenjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

  1. Mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan.

3

KETRAMPILAN KHUSUS

 

  1. Mampu menerapkan pengetahuan dasar seni rupa dan memanfaatkan teori dasar komunikasi visual untuk membuat karya desain yang menjadi solusi pemecahan masalah klien

 

  1. Mampu mengolah dan mengembangkan konsep desain dengan mengevaluasi informasi dan gagasan serta memilih kemungkinan pendekatan untuk menghasilkan penyempurnaan konsep

 

  1. Mampu menerapkan konsep teori manajemen desain dan metode produksi grafika untuk mengelola pekerjaan desain dan menyelesaikan masalah prosedural

 

  1. Mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi terkait dalam melaksanakan pekerjaan desain grafis

4

PENGETAHUAN

 

  1. Menguasai pengetahuan dasar Seni Rupa dan sejarah seni yang diperlukan dalam visualisasi desain; menguasai konsep teori dasar desain grafis dan teori dasar komunikasi yang diperlukan untuk membuat karya desain yang solutif

 

  1. Menguasai pengetahuan tentang teori metodologi desain dan metode riset untuk mengembangkan konsep dalam pekerjaan desain grafis

 

  1. Menguasai pengetahuan manajemen desain dan metode produksi grafika serta penerapannya dalam pekerjaan desain

 

  1. Menguasai pengetahuan dasar branding dan mengintegrasikan pengetahuan tersebut dengan desain grafis

 

  1. Menguasai pengetahuan tentang Hak Atas Kekayaan Intelektual

 

  1. Menguasai pengetahuan tentang perangkat lunak desain grafis dan pengoperasiannya untuk memvisualiasikan konsep ke dalam bentuk digital

 

  1. Menguasai pengetahuan teknik presentasi dan penerapannya dalam pekerjaan

 

 

 


Share :


File Nama File Format Type