Program Studi D3 Penerbitan/Jurnalistik

Jurnalistik adalah cara mencari, mengumpulkan, menyusun, memformat (menulis, mengaudio, dan atau memvisualkan), mengolah, mendesain, dan menyampaikan fakta maupun opini kepada khalayak melalui media massa secara periodik.

  1. Mencari, mencari fakta dan pendapat (opini) ke sumber-sumber fakta dan ke sumber-sumber pendapat. Pencarian ini dilakukan baik melalui observasi maupun wawancara.
  2. Mengumpulkan, megumpulkan fakta dan pendapat (opini) ke sumber-sumber fakta dan ke sumber-sumber pendapat. Pengumpulan ini dilakukan secara terstruktur dengan menyimpan semua hasil observasi dan wawancara secara sistematik berdasar kaidah-kaidah dokumentasi maupun perpustakaan.
  3. Menyusun, menyusun fakta dan pendapat (opini) ke dalam struktur-struktur berita dan pendapat dengan berdasar berbagai pertimbangan, antara lain, nilai berita, hokum dan etika, kebijakan redaksi, dan bentuk media yang digunakan.
  4. Memformat, menuliskan, mengaudio, dan atau memvisualkan fakta dan pendapat dalam berbagai struktur yang ada, sesuai dengan karakteristik  media yang digunakan, antara lain, media massa suratkabar, majalah, radio, televisi, film atau media internet.
  5. Mengolah, menyunting fakta dan pendapat yang sudah diformat berdasarkan pertimbangan-pertimbangan bahasa tertulis maupun bahasa audio dan atau bahasa visual.  Penyuntingan juga dilakukan pada materi yang ada, dikurangi atau ditambah atau apakah harus diformat ulang.
  6. Mendesain, melayout segala format fakta dan pendapat sesuai dengan media massa yang digunakan berdasar prinsip-prinsip desain. Dalam prinsip-prinsip ini tidak dapat dilepaskan persoalan-persoalan perilaku khalayak yang dituju beserta materi-materi nonjurnalistik seperti iklan dan fiksi.
  7. Mempublikasikan segala format fakta dan pendapat melalui suratkabar, majalah, radio, televisi, film, internet atau melalui media massa periodic secara terintegrasi.

Ilmu jurnalistik secara khusus mempelajari cara-cara tersebut sebagai ilmu terapan dari ilmu komunikasi yang hanya berkaitan dengan media massa periodik. Artinya, jurnalistik hanya mempelajari media massa yang terbit secara teratur, tepat pada waktunya. Media massa lain seperti buku, pamphlet, dan spanduk tidak termasuk.  

 

Program Studi Penerbitan, Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta,  memiliki visi dan misi.

Visi

Menjadi program studi yang mampu menghasilkan sumber daya manusia berkompeten dalam bidang jurnalistik.

Misi

  1. Menghasilkan dan mengembangkan keterampilan professional sumber daya manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Meningkatkan proses belajar mengajar berkualitas untuk mencapai kompetensi dasar di bidang Jurnalistik.
  3. Menghasilkan sumber daya manusia yang bersertifikasi profesi dalam bidang Jurnalistik serta mampu bersaing di tingkat internasional.
  4. Meningkatkan kemampuan penciptaan karya nyata di bidang Jurnalistik yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

 

Tujuan Program Studi

Ada tujuh tujuan Program Studi Penerbitan(Print Journalism)

  1. Menghasilkan lulusan berkarakter, berwawasan, dan berdaya saing di tingkat  nasional maupun internasional.
  2. Memberikan informasi, menyalurkan dan memfasilitasi lulusan prodi jurnalistik demi memperoleh sertifikasi profesi dalam bidang Jurnalistik.
  3. Menyelenggarakan forum-forum ilmiah dan berpartisipasi di bidang jurnalistik di tingkat internasional.
  4. Mengenalkan sejarah jurnalistik dan kondisi bidang jurnalistik saat ini,  baik tantangan maupun peluangnya.
  5. Memotivasi mahasiswa untuk berpikir kritis.
  6. Merefleksikan bidang jurnalistik yang disesuaikan dengan kondisi kekinian masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia.
  7. Menghasilkan Sumber Daya Manusia Kompeten di bidang Jurnalistik yang memiliki:

       - Sertifikasi Profesi
       - Ijazah
       - SKPI

 

Sasaran Program Studi

  1. Tersedianya sumber daya manusia professional yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 
  2. Terpenuhinya proses belajar mengajar berkualitas dengan menekankan pencapaian kompetensi dasar di bidang Jurnalistik.
  3. Tersedianya sumber daya manusia yang bersertifikasi profesi dalam bidang Jurnalistik serta mampu bersaing di tingkat internasional.
  4. Terwujudnya penciptaan karya nyata di bidang Jurnalistik yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

 

Deskripsi Singkat

Program Studi Penerbitan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) merupakan salah satu program studi yang ada di Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan. Program studi ini merupakan jenjang D3 yang memberikan jaminan pada calon mahasiswa untuk kelak menjadi Wartawan Muda, mencakup bidang pekerjaan sebagai wartawan (khususnya reporter/koresponden) dalam industri media massa.

Program studi ini berakreditasi B dengan lama studi lulusan rata-rata 3 tahun. Rata-rata waktu tunggu lulusan Program Studi Penerbitan selama lima tahun terakhir, untuk memperoleh pekerjaan pertama, kurang dari 3 bulan. Rata-rata penghasilan mereka mencapai lebih dari 4 juta. Bidang pekerjaan sebagian lulusan, 75% sebagai berikut

 

Program Studi

Level Jabatan

Bidang Pekerjaan

 

Penerbitan

Wartawan Muda

Reporter/Koresponden

Editor,

Fotografer,

Layouter

 

  1. Reporter atau koresponden (untuk luar kota), mampu melakukan kegiatan  pengusulan dan perencanaan liputan, menerima dan melaksanakan penugasan, mencari bahan liputan termasuk informasi dan referensi, melaksanakan wawancara, menulis, dan mengolah hasil liputan dan menghasilkan karya jurnalistik, mendokumentasikan hasil liputan dan membangun basis data pribadi, membangun dan memelihara jejaring dan lobi.
  2. Editor, mampu melakukan kegiatan penyuntingan karya jurnalistik, khususnya menyunting bahasa, mengompilasi bahan liputan menjadi karya jurnalistik, memublikasikan berita layak siar, dengan memanfaatkan sarana kerja berteknologi informasi.
  3. Fotografer atau Videografer, mampu melakukan kegiatan pemotretan jurnalistik yang dapat bercerita, mengambil sudut pandang dan mengedit hasil foto atau rekaman video untuk menjadi karya jurnalistik maupun pendamping karya jurnalistik, membuat caption atau keterangan foto.
  4. Layouter atau Artistik, mampu melakukan kegiatan pengaturan dan penataletakan halaman media media cetak maupun online untuk penyajian media massa yang efektif, efisien, relevan dan menarik bagi pembacanya.

 

Keterampilan Khusus

  1. Mampu melakukan kegiatan pengusulan dan perencanaan liputan dengan mengacu pada visi misi media, nilai berita, sudut pandang, dan sumber berita, ketersediaan waktu, dan biaya.
  2. Mampu menerima dan melaksanakan penugasan peliputan dengan acuan peristiwa (acara) terjadwal maupun peristiwa (acara) yang tidak terduga  secara tepat waktu dengan mempertimbangkan status sumber, alat perekam foto dan atau kamera, menerapkan KEJ, dan memastikan kelengkapan perolehan informasi berdasar unsur kelengkapan berita.
  3. Mampu mencari bahan liputan termasuk informasi dan referensiberdasarkan sumber fakta, fakta peristiwa dan atau fakta pendapat, peristiwa/alam dan atau manusia, observasi dan atau wawancara, dengan berbagai metode observasi dan atau wawancara, baik menggunakan alat maupun tidak.
  4. Mampu melaksanakan wawancara dengan berbagai metode wawancara yang terdiri dari tahapan pertemuan, penyampaian tujuan, wawancara, dan mengakhiri wawancara.
  5. Mampu mengolah hasil liputan dan menghasilkan karya jurnalistik berita dengan mempertimbangkan kebijakan perusahaan, komposisi berita, akurasi dan deadline, dan KEJ.
  6. Mampu mendokumentasikan hasil liputan dan membangun basis data pribadi berdasar prinsip-prinsip kearsipan baik secara konvensional maupun digital.
  7. Mampu membangun dan memelihara jejaring dan lobi berdasarkan prinsip-prinsip kerjasama, independensi, dan keberimbangan.
  8. Mampu, mengompilasi bahan liputan menjadi karya jurnalistik,dengan mempertimbangkan kebijakan perusahaan, komposisi berita, akurasi dan deadline, KEJ, dan segala aspek hokum.
  9. Mampu  memublikasikan berita layak siar dengan mengacu kepada nilai berita, hukum, KEJ, ketersediaan ruang dan waktu pada media, dan karakteristik khalayak pembaca.
  10. Mampu memanfaatkan sarana kerja berteknologi informasi: computer, internet, alat perekam suara, kamera foto, kamera film baik konvensional maupun digital.
  11. Mampu  merencanakan, mengoordinasikan dan melakukan liputan berkedalaman (indepth reporting) dengan mempertimbangkan pada visi misi media, nilai berita, sudut pandang, dan sumber berita, ketersediaan waktu, dan biaya.

 

Kerjasama

Untuk memudahkan proses belajar dan pekerjaan lulusan, Program Studi Penerbitan menjalin kerja sama dengan berbagai media massa, antara lain Harian Republika, Pos Kota, Majalah Diffa, Majalah Property, media online Kumparan, Mata Milineal TV, Sindo, Penerbit Agromedia, termasuk Asosiasi Perguruan Tingggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM), PWI Pusat, dan lembaga pendidikan Swadharma.


Share :


File Nama File Format Type