PNJ

Teknik Grafika Penerbitan

politeknik negeri jakarta


Program Studi D3 Penerbitan/Jurnalistik


Program Studi D-3 Penerbitan/Junalistik (PB), terakreditasi B

Program Studi Penerbitan, Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta, memiliki visi dan misi.

1. Visi:

Menjadi program studi yang mampu menghasilkan sumber daya manusia berkompeten dalam bidang jurnalistik.

2. Misi:

  1. Menghasilkan dan mengembangkan keterampilan professional sumber daya manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Meningkatkan proses belajar mengajar berkualitas untuk mencapai kompetensi dasar di bidang Jurnalistik.
  3. Menghasilkan sumber daya manusia yang bersertifikasi profesi dalam bidang Jurnalistik serta mampu bersaing di tingkat internasional.
  4. Meningkatkan kemampuan penciptaan karya nyata di bidang Jurnalistik yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

3. Profil lulusan Program Studi Penerbitan

Profil ini adalah outcome pendidikan yang akan dicapai. Dengan menetapkan profil lulusan, Program Studi Penerbitan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) memberikan jaminan pada calon mahasiswa untuk dapat berperan menjadi: Wartawan Muda (Standar Kompetensi Wartawan (SKW), 2010), yaitu mencakup bidang pekerjaan sebagai: reporter dan editor dalam industri media massa.

Program Studi Level Jabatan Bidang Pekerjaan
Penerbitan Wartawan Muda

Reporter/Koresponden

Editor

  1. Reporter atau koresponden (untuk luar kota), mampu melakukan kegiatan pengusulan dan perencanaan liputan, menerima dan melaksanakan penugasan, mencari bahan liputan termasuk informasi dan referensi, melaksanakan wawancara, menulis, dan mengolah hasil liputan dan menghasilkan karya jurnalistik, mendokumentasikan hasil liputan dan membangun basis data pribadi, membangun dan memelihara jejaring dan lobi.
  2. Editor, mampu melakukan kegiatan penyuntingan karya jurnalistik, mengompilasi bahan liputan menjadi karya jurnalistik, memublikasikan berita layak siar, memanfaatkan sarana kerja berteknologi informasi, merencanakan, mengoordinasikan dan melakukan liputan berkedalaman (indepth reporting).