PNJ

Teknik Grafika Penerbitan

politeknik negeri jakarta


Program Studi Sarjana Terapan Desain Grafis


Program Studi Sarjana Terapan Desain Grafis dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi untuk menghasilkan produk-produk desain grafis solutif. Berbasis vokasi, kurikulum Program Studi Sarjana Terapan Desain Grafis memiliki bobot praktek yang lebih besar daripada teori, sehingga mahasiswa terbiasa untuk melakukan proses kerja dan memiliki keahlian praktis di bidangnya, terutama di bidang desain grafis untuk kemasan. Keahlian dalam bidang desain grafis untuk kemasan ini adalah keunggulan yang membedakan

lulusan Program Studi Sarjana Terapan Desain Grafis dengan pendidikan sejenis lainnya. Meskipun demikian, bidang yang dapat ditempati lulusan tidak terbatas di situ saja, karena lulusan dapat mendesain produk-produk desain grafis lainnya seperti logo, produk promosi dan branding, produk penerbitan dan media, baik cetak maupun digital. Lulusan juga dibekali kemampuan manjemen desain, pengelolaan proyek dan kewirausahaan sehingga mampu mengelola usahanya sendiri.

Program Studi Sarjana Terapan Desain Grafis dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti laboratorium komputer lengkap dengan alat gambar digital, laboratorium fotografi, laboratorium media, jaringan internet, gallery, dan bahan habis pakai yang disediakan. Berada satu jurusan dengan Program Studi Teknologi Industri Cetak Kemasan dan Teknik Grafika, mahasiswa Program Studi Desain Grafis memiliki akses untuk melihat langsung proses produksi cetak sehingga dapat memahami proses produksi dengan lebih baik.

Lulusan Program Studi Sarjana Terapan Desain Grafis dapat menempati jabatan sebagai desainer grafis media, desainer grafis kemasan, desainer grafis media promosi, art director dan ilustrator di agency periklanan, butik kreatif, media massa, penerbitan, dan industri-industri lain yang membutuhkan jasa desain grafis.